One step ahead to Korea, Apply Visa


Sebelum masuk ke suatu negara, ada baiknya sebagai warga negara yg baik harus permisi. Salah satu tanda permisi ini adalah kita memiliki visa dari negara yang akan kita datangi.

Visa korea bisa dibilang mudah dan cepat. Tidak berpengaruh ajakan teman yang lain mengurus visa via agen, saya memutuskan untuk mengurusnya sendiri. Sebenarnya ingin lebih mengerti bagaimana cara apply visa dan mungkin penasaran tentang bagaimana prosesnya.

Sebelum datang ke Kedutaan Besar Korea Selatan, ada baiknya kita mempersiapkan surat-surat yang akan dibutuhkan. Saya mempersiapkannya kurang lebih 2 minggu karena ada perbedaan nama saya yg tercetak di Kartu Keluarga dan di Passpor sehingga harus memperbaiki dahulu di kelurahan.
Saya menyiapkan sesuai persyaratan pembuatan aplikasi visa Korea Selatan, yaitu :
– foto kopi paspor dan KTP
– foto kopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), karena saya masih mahasiswa.
– foto kopi Kartu Keluarga
– surat keterangan orang tua yg berisi kesanggupan orang tua membiayai selama di Korea.
– aplikasi pembuatanvisa yg bisa diunduh di aplikasi visa Korea Selatan
– foto 4×6
– fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir
– fotokopi tiket pp
– itenary selama di Korea

Setelah semua siap, bisa langsung datang ke
Embassy of South Korea, (021-2992-2500)
The Plaza Office Tower, Lt.30
Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350

Jam kerjanya : Hari Senin – Hari Jumat pukul 08:30 – 12:00 untuk penyerahan berkas

Hari Senin – Hari Jumat pukul 13:30 -16:30 untuk pengambilan visa

Letaknya pas bgt sebelah halte busway menuju GI
Turun dari halte jalan sedikit lalu belok kiri di depan gedung The Plaza. Masuk ke dalam lobi, lalu kita taruh id untuk ditukar dengan kartu visitor dan bisa langsung naik lift ke lantai.

 

Sesampainya di sana langsung ambil nomor dan bisa menunggu dipanggil.

Kebetulan saat saya dipanggil yg melayani mas-mas yg cukup jutek. Rada deg-degan karena teman sebelum saya, tiket dan surat rekomendasi dari trip dikembalikan sedangkan teman yg sebelumnya lagi tidak dan saya pun dikembalikan. Hanya bisa berdoa semoga tidak terjadi hal-hal jelek yg dipikiran saya. Amin

Setelah dicek berkas yang dimasukan, saya langsung diberi tanda terima sekaligus kuitansi pembayaran, yang berisi tanggal visa kita akan selesai.
Biaya pembuatan visa korea ini : Rp 285.000 untuk single entry

Jarak penyerahan berkas sampai hari pemberian visa sekitar 2 minggu, seharusnya bila sesuai jadwal hanya 2-4 hari kerja. Lamanya proses pembuatan visa saya ini dikarenakan mendekati lebaran dan terpotong hari libur kemerdekaan Korea.

Hari demi hari terlewati. Jantung berdebar keras terus, penasaran apakah visa saya di setujui. Info dari teman satu grup yg memakai jasa agen bahwa ada beberapa yg visanya terganjal. Makin ketar ketir donk saya.

Dagdigdugdagdigdugdagdug.

Hari yg dinanti pun tiba, saya ketar ketir ga jelas. Bbm dengan Ruth, Opit n . Ternyata Opit sudah menelpon dan visa nya sudah jadi dan bisa diambil. Saya lgsg menelpon kedutaan. Telepon kedua saya diangkat agak cukup lama karena yang sebelumnya terdengar nada sibuk. Visa saya sudah jadi dan siap diambil *gealgeol*

Akhirnya, alhamdulillah saya lgsg menuju kedutaan.. Lega rasanya. Ketarketir yg saya alami melebihi kala ujian skripsi. Hufft…

Done with visa.
Lets prepare for new journey.


Leave a Reply

