Terdampar di Balongan


Sempat ada beberapa teman dan tetangga bertanya “Sekarang tinggal dimana ? koq jarang keliatan yah” actually Depok udh bukan jadi tempat tinggal saya sekarang. Mulai Februari saya bisa dibilang menjadi penduduk gelap Balongan. Kenapa gelap ?? karena belum punya KTP sini dan masih gelap juga ini Balongan dimana siii.. Jujur kalau saya ditanya pun masih bingung menjelaskannya. Xixixi, ya seperti sebelumnya saya sudah bilang kalau peta Indonesia aja saya gak khatam, apalagi peta pulau Jawa.

 

Balongan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten IndramayuProvinsi Jawa BaratIndonesia. Letaknya di pinggir laut selatan membuat cuacanya agak sedikit panas dan lembab, alhasil keringat sering mengucur. Kalau boleh di bilang kecamatan balongan kurang ramai bila dibandingkan dengan kecamatan lain di Indramayu seperti Jatibarang dan Haurgeulis. Jatibarang cukup ramai karena terletak stasiun terbesar di Indramayu yang menjadi perlintasan kereta menuju Jakarta ataupun Surabaya dan dilewati Jalur Pantura serta terletak Pusat Pasar Indramayu.

Walaupun Indramayu berada di Jawa Barat yang notabene adalah tanah Pasundan yang berbudaya dan berbahasa Sunda, namun sebagian besar penduduk Indramayu berbahasa Jawa khas Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya dengan Basa Dermayon, yakni dialek Bahasa Jawa yang hampir serupa dengan Dialek Cirebon. Di bagian selatan dan barat dayakabupaten ini, beberapa wilayah menggunakan bahasa Sunda, mengingat sejarah kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk kedalam wilayah kerajaan Cirebon (diutara), sehingga berbashasa Jawa, Kerajaan Galuh dan Sumedang Tandang di Wilayah Selatan, sehingga mempengaruhi masyarakatnya berbahasa Sunda Khas Indramayu.

Balongan
Balongan

Lumayan yah kalo diliat dari peta diatas jauhnya, kebayang gak sih kalo naik mobil berapa lama. Kemarin sudah coba nebeng temen naik mobil balik ke jakarta dan paling cepat 6 jam baru sampe, tapi kalau naik kereta api alias Cirebon Express cuma 3 jam loh. Hanya sejauh Depok-Soetta di Sabtu sore yang terkenal macetnya.. Gak berasa jauh jadinya. Alhamdulillah yah dapet tempat yang gak begitu jauh dari Jakarta dan gak boros ongkos pulang juga.. Untung ga ditempatin di Balikpapan or Sorong yg jadi pilihan saya kemarin.

Oiya untuk naik kereta ke Jakarta, dari balongan kita harus menuju Stasiun Jatibarang or Stasiun Cirebon, tapi saya lebih memilih Stasiun Jatibarang karena waktu tempuh yang hanya 30 menit bila dibandingkan ke Stasiun Cirebon.

Walau berada jauh dari kota, dan cukup sepi balongan bisa menjadi pilihan bagi para pekerja yang ingin setiap hari ketemu sawah, dan kicauan burung dipagi hari. Like everday is holiday *kedipkedip

Satu yang saya suka tinggal disini adalah jarak tempuh ke kantor yang hanya kurang lebih 15menit dan tanpa macet. Jadi saya bisa bangun stgh 6 pagi dan berangkat lebih siang dibanding saya dulu bekerja di Jakarta. Harus bangun jam 4 pagi dan berjibaku dengan macetnya Jakarta. Bismillah doakan saya betah tinggal disini yah.

 

sumber : wordpress & google map


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s