Killer Soft Bread resep termudah membuat roti


Killer soft bread pertama kali dipublish oleh Victoria Bakes pada blognya yang kemudian diregram oleh baker instagram @xanderskitchen berakhir semakin populer wara-wiri di instagram. Saya pun kemudian tergiur oleh foto-fotonya yang memenuhi timeline saya. Setelah mempelajari dan tentunya mempersiapkan bahan yang dibutuhkan akhirnya saya dan Farhanah mengeksekusi roti ini (*finger cross, semoga gak gagal baking pertama kali) X_X

Resep Killer Soft Bread
Bahan:

  • 260gr tepung cakra kembar
  • 3gr ragi instant
  • 1 butir telur  + susu cair  dengan total jumlah 160-180 gr
  • 30gr gula pasir
  • 30gr butter (suhu ruang)
  • 2gr garam
Cara membuat:

  • Timbang terigu, ragi dan gula lalu campur ..
  • Tambahkan telur dan susu yang sebelumnya sudah dicampur terlebih dahulu.
  • Uleni.
  • Masukkan butter dan garam kemudian uleni lagi sampai kalis elastis
  • Bagi adonan menjadi 3 bagian.  Tiap bagian adonan digilas rata dan dilipat menjadi 3 bagian. Balik adonan, gilas lagi dan digulung.
  • Masukkan ke loyang roti.Biarkan fermentasi sampai tinggi adonan mencapai 2cm dari permukaan loyang.
  • Panggang di oven yg sudah dipanaskan, 170 deg C. Panggang selama 45-50 menit.
LCCJ9502
1st bake (agak gosong karena salah atur api di oven)

Hasil bake pertama saya agak gosong karena saya langsung mengatur api atas bawah di oven harus nya pengaturan api atas hanya sebentar dan di akhir pemanggangan. Di adonan kedua, saya menambahkan isian keju batang dan meises serta dipanggan di loyang cupcake. Textur roti pun enak,  walau sudah 2 hari disimpan teksturnya lembut.

Tips & Trick

  • Susu cair bisa menggunakan susu full cream, skm yang dilarutkan dengan air, susu uht, ataupun almond mylk. Penambahan susu secara tidak langsung berfungsi sebagai pengganti air. Kalau saya menggunakan susu uht full cream kotak kecil (200ml) , satu kotak bisa dipakai untuk 2 kali resep.
  • Butter bisa diganti margarin. Namun konsekuensinya roti yang dihasilkan tidak terlalu wangi.
  • Ragi instan yang saya gunakan merk fermipan.
  • Banyak yang kesulitan dalam menguleni adonan, saya memilih menggunakan mixer dengan pengaduk spiral sehingga lebih mudah dan mengurangi tenaga yang digunakan. Untuk yang manual, adonan diuleni sampai kalis, tidak lengket di tangan dan agak sedikit mengkilat.
  • Campuran susu + telur jangan lebih dari 180 gram. Pertama kali saya buat di pas kan 180 gram, setelah diuleni ternyata adonan saya masih terlalu basah. Jadi saya tambahkan kembali tepung cakra kembar beberapa sendok sambil di mixer untuk melihat konsistensi adonannya.
  • Waktu pemanggangan tergantung oven yang digunakan. Oven saya hanya membutuhkan waktu 20-30 menit, so kenali oven mu.

 

Selamat mencoba.

Happy Holiday


Leave a comment